Sama-Sama Layak Juara

  • Bagikan
NET SELEBRASI. Martin Odegaard saat merayakan golnya ke gawang Luton Town.

MANCHESTER,TIMEX.FAJAR.CO.ID – Erling Haaland berkontribusi di 23 dari 67 gol Manchester City di Premier League (18 gol dan 5 umpan gol) alias 34,3 persen. Sementara itu, Bukayo Saka membukukan 29 persen kontribusi gol dari 72 gol Arsenal (13 gol dan 8 umpan gol). Dengan kata lain, mereka berdua merupakan sosok krusial bagi City dan Arsenal untuk misi juara musim ini.

Tetapi, pada matchweek ke-31 kemarin (4/4) dini hari, Cityzens dan The Gunners kompak tak menurunkan para gacoannya itu. Tapi, mereka kompak mereguk poin penuh tanpa Haaland-Saka. Mereka berdua diistirahatkan. Bukan ’’dihukum’’ tactician masing-masing lantaran melempem ketika City dan Arsenal bertemu pada matchweek ke-30 dan laga berakhir seri tanpa gol (31/3).

Mereka diyakini kembali ke starting XI pada Sabtu (6/4) ketika City melawan Crystal Palace dan Arsenal menghadapi Brighton & Hove Albion. Apalagi, pada tengah pekan depan juga ada first leg 16 besar Liga Champions (10/4) kontra Real Madrid untuk City dan Bayern Munchen untuk Arsenal.

’’Ketika melawan City, Saka merasa ada yang tak nyaman (di ototnya, Red). Kami tidak ingin ambil risiko (memainkannya kemarin, Red),’’ papar tactician Arsenal Mikel Arteta dilansir Evening Standard.
’’Haaland bukan penyebab kami gagal menciptakan banyak peluang melawan Arsenal. Seharusnya kami harus lebih banyak mengepung pertahanan mereka,’’ ujar tactician City Pep Guardiola.

Laga kemarin sekaligus menjadi bukti kedalaman skuad City dan Arsenal. Arteta bahkan melakukan rotasi di empat pemain. Selain Saka, dia menyimpan Declan Rice, Jorginho, dan Gabriel Martinelli. Sebagai gantinya, dia menurunkan Thomas Partey, Reiss Nelson, dan Leandro Trossard. Rice, Jorginho, dan Martinell baru dimasukkan pada paro babak kedua.

City sama saja. Selain Haaland, playmaker Kevin De Bruyne hanya duduk manis di bangku cadangan. Phil Foden juga sukses menggantikan peran Haaland dengan baik berkat hat-trick.

’’Aku saat ini bakal lebih sering beroperasi di kotak penalti lawan untuk memperbesar kans mencetak gol. Masih ada banyak hal yang bisa kutingkatkan,’’ ucap Foden kepada TNT Sport. Hat-trick kemarin adalah yang kedua baginya musim ini setelah melawan Brentford (5/2). (io/c7/ady/jpg/rum)

  • Bagikan