Dinas Pendidikan Mulai Persiapkan Tahapan Ujian Sekolah

  • Bagikan
Okto Naitboho

SD Tiga Mapel dan SMP Enam Mapel

KUPANG,TIMEX.FAJAR.CO.ID- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang tengah mempersiapkan pelaksanaan ujian sekolah. Dinas melakukan pemetaan mutu antar satuan pendidikan. Untuk SD akan diuji tiga mata pelajaran (mapel) dan SMP enam mata pelajaran.

"Saat ini kami tengah memproses kartu peserta ujian yang sudah mulai didistribusikan ke sekolah-sekolah, dan sementara penyusunan soal untuk kurikulum, yaitu kurikulum merdeka dan kurikulum 2013 yang sudah mencapai 80 persen," kata Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang, Okto Naitboho, saat diwawancarai di ruang kerjanya, Kamis (4/4).

Okto menjelaskan, setelah masuk libur hari raya Idul Fitri, akan dilakukan sosialisasi kepada sekolah dan peserta ujian, karena ujian nantinya akan dilakukan ujian berbasis online.

"Sehingga kita jauh-jauh hari sudah lakukan sosialisasi, dilanjutkan dengan simulasi yang akan dilakukan sampai anak-anak paham, setiap langkah yang harus dilakukan dan aplikasi juga dipastikan tidak bermasalah," ujarnya.

Dia mengatakan, tim penyusunan soal ujian juga diambil guru-guru terbaik dari setiap sekolah, sehingga kerahasiaannya terjamin. "Tim IT juga sementara merancang google form untuk nantinya disosialisasikan dan disimulasikan," jelasnya.

Dia menjelaskan, peserta ujian sekolah, untuk tingkat SD sebanyak 7.217 peserta dan untuk SMP sebanyak 6.703 peserta, totalnya 13.900 lebih. Untuk jumlah SD sendiri sebanyak 159 sekolah dan 66 SMP negeri dan swasta.

Okto menambahkan bahasa ujian sekolah sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 6 sampai 8 Mei untuk SMP dan akan dilanjutkan dengan SD satu minggu kemudian.

"Jadi dengan model online ini, kita akan bagi berdasarkan zonasi, dengan itu maka dapat dilihat apakah nantinya jaringan itu bermasalah atau tidak, dan simulasi itu pun dilakukan sampai berhasil," tandasnya. (cr5/thi)

  • Bagikan