Raport Pendidikan Kota Kupang Peringkat Satu di NTT

  • Bagikan
IST. BELAJAR. Suasa belajar mengajar dalam kelas di salah satu sekolah di Kota Kupang, diabadikan beberapa waktu lalu

KUPANG,TIMEX.FAJAR.CO.ID- Raport pendidikan bagi satuan pendidikan di Kota Kupang masuk peringkat pertama dibandingkan dengan kabupaten lain di Provinsi NTT.

Demikian disampaikan Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang, Okto Naitboho.

Dia menjelaskan, dalam penerapan raport pendidikan sumber data yang dipakai adalah hasil asesmen nasional, terhadap satuan pendidikan sehingga didalam raport pendidikan tersebut, tercantum kondisi sekolah dalam sisi literasi maupun numerasi, dan itu sangat efektif untuk menjadi tolak ukur dari sekolah tersebut.

Saat diwawancarai di ruang kerjanya, Jumat (5/4), Okto Naitboho menjelaskan, dengan sistem tersebut memungkinkan satuan pendidikan dapat melihat kembali kekurangan baik dari segi numerasi maupun literasi, agar bisa menjadi acuan di tahun ajaran berikutnya.

"Raport pendidikan ini berpatokan penuh pada hasil asesmen nasional pada tahun sebelumnya sehingga dapat diukur keunggulan maupun kekurangan dari satuan pendidikan tersebut," ungkapnya.

Ia juga menambahkan, jika raport pendidikan ini akan menjadi sumber data primer dari perencanaan berbasis data, sehingga sekolah-sekolah khususnya di Kota Kupang dapat menjalankan programnya sesuai dengan kondisi dari raport pendidikan di sekolah tersebut.

Setiap tahunya, kata Okto, raport pendidikan akan terus dimutakhirkan, misalnya raport pendidikan di sekolah-sekolah di Kota Kupang tahun ini diambil berdasarkan hasil asesmen 2023.

"Untuk kota Kupang di Tahun 2023, indeks literasi dan numerasi masuk peringkat satu diantara 21 kabupaten lainnya di NTT, sedangkan untuk jenjang sekolah dasar kita masing menempati peringkat tiga," jelasnya.

Oleh karena itu, diharapkan di tahun 2024 ini raport pendidikan untuk Kota Kupang dipastikan lebih baik, dapat dilihat dari intervensi kegiatan-kegiatan peningkatan numerasi dan literasi, sehingga diharapkan bisa menopang trend positif di raport pendidikan di Kota Kupang. (cr5/thi)

  • Bagikan