Bukti Gaharnya Performa Aprilia (logo MotoGP)

  • Bagikan
Maverick Vinales

LAPORAN BOBBY ARIFIN Dari Austin, Texas

AUSTIN,TIMEX.FAJAR.CO.ID – Maverick Vinales kembali menunjukkan betapa gaharnya performa Aprilia musim ini. Pembalap Spanyol tersebut kini berpeluang besar memecahkan rekor sensasional di ajang MotoGP. Vinales dini hari kemarin menjadi kampiun sprint race GP Amerika Serikat (AS) di Sirkuit Austin (COTA). Dia naik podium tertinggi setelah memimpin balapan sepanjang 10 lap itu dari awal hingga akhir.

Hasil kemarin membuat Vinales sudah dua kali beruntun memenangi sprint race musim ini dari tiga balapan yang telah berlangsung. Sebelumnya, dia juga menjadi yang tercepat pada sesi balapan pendek tersebut di GP Portugal (24/3). ’’Ini sungguh hasil yang luar biasa. Persis seperti mimpiku,” ucap Vinales dilansir Crash.

Pembalap 29 tahun itu tak menyangka performanya bisa segahar itu di awal musim 2024. Pasalnya, pada balapan perdana di Qatar (10/3), dia merasa performa motor RS-GP24 miliknya jauh dari kata kompetitif.

Saat itu dia hanya sanggup finis di posisi ke-9 pada sesi sprint race dan ke-10 pada sesi balapan utama.
”Hanya berselang satu balapan dan performa kami meningkat tajam. Kami hanya melakukan sedikit perubahan pada sisi keseimbangan berat pada motor,” tambahnya.

Performa apik Vinales di awal musim ini membuat dia berpeluang mencatat rekor baru di MotoGP. Rekor itu adalah sebagai rider kelas para raja pertama yang sanggup memenangi balapan utama dengan tiga mesin pabrikan berbeda sejak era MotoGP empat percepatan dimulai pada 2002.

Catatan sejarah itu bisa dia buat paling cepat di GP AS yang berlangsung dini hari tadi. Pasalnya, dia memulai balapan sepanjang 20 lap tersebut sebagai pole position.

Sebelum menunggangi Aprilia, Vinales pernah mengendarai Suzuki dan memenangi satu balapan utama MotoGP. Selanjutnya, dia juga pernah naik podium tertinggi delapan kali saat masih membela pabrikan Yamaha di kelas para raja itu. (irr/c12/bas/jpg/rum)

  • Bagikan