Yang Keempat Masuk ”Club 3”

  • Bagikan
Thomas Tuchel

MENGAPRESIASI TUCHEL

DER trainer Bayern Munchen Thomas Tuchel tidak mau angkat kaki dari Sabener Strasse –markas Bayern Munchen– di akhir musim ini dengan rapor hancur-hancuran. Setelah kegagalan Bayern di Bundesliga dan DFB-Pokal, Tuchel ingin memulihkan diri di Liga Champions. Mencapai semifinal tentu capaian yang bagus bagi Bayern.

Die Roten –sebutan Bayern– meraihnya setelah mengalahkan Arsenal 1-0 di Allianz Arena kemarin (18/4). Gol sundulan gelandang Joshua Kimmich memastikan Bayern lolos dengan agregat 3-2.

Tuchel pun menahbiskan diri sebagai pelatih Jerman pertama yang membawa minimal tiga klub berbeda ke semifinal Liga Champions. Si Profesor –julukan Tuchel– jadi nama keempat yang masuk ”Club 3” atau pelatih yang pernah merasakan atmosfer semifinal Liga Champions bersama tiga klub atau lebih.

Para pendahulu Tuchel adalah entrenador Real Madrid Carlo Ancelotti yang notabene lawannya di semifinal. Dua lainnya adalah Pep Guardiola (Manchester City) dan Jose Mourinho.

Menurut Presiden Bayern Herbert Hainer, Tuchel menunjukkan ke-masterpiece-an dalam taktik kemarin. Di antaranya, keputusan memainkan bek kiri Raphael Guerreiro sebagai wide attacker kiri dan mengorbankan pemain senior Thomas Muller di bench.

Guerreiro tidak hanya sukses melakukan tugas dalam membendung sayap kanan Arsenal yang dihuni Bukayo Saka. Pemain timnas Portugal yang datang secara gratis dari Borussia Dortmund di musim panas lalu itu memberikan kontribusi umpan gol kepada Kimmich.

Selain itu, pertahanan Bayern begitu solid sebagaimana ciri khas taktik Tuchel ketika memenangi Liga Champions bersama Chelsea pada 2020–2021. ’’Thomas (Tuchel) melakukan pekerjaan yang excellent dalam pemikiran taktiknya,’’ puji Hainer kepada FCB Inside.

Hainer memuji totalitas Tuchel yang memberikan pengalaman pertama Bayern ke semifinal setelah kali terakhir melakukannya pada 2019–2020. Selain bersama Chelsea tiga tahun lalu, Si Profesor punya pengalaman dua kali semifinal bersama Paris Saint-Germain. Faktor yang disebut Hainer akan sangat membantu Bayern kali ini. (ren/c12/dns/jpg/rum)

  • Bagikan