Kebut Naturalisasi Thom dan Ragnar

  • Bagikan
Erick Thohir

JAKARTA,TIMEX.FAJAR.CO.ID – Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen masuk dalam daftar 28 pemain yang disiapkan Shin Tae-yong (STY) untuk laga tim nasional Indonesia kontra Vietnam.
Namun, keduanya belum menyandang status warga negara Indonesia (WNI). Proses naturalisasinya belum tuntas.

Karena itu, PSSI sedang mengebut proses naturalisasi keduanya. Per kemarin, berkas administrasi Thom dan Ragnar sudah masuk di Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg).

’’Semoga satu sampai dua hari ini Bapak Presiden Joko Widodo bisa mengeluarkan suratnya (keputusan presiden, Red). Dan, minggu depan Thom serta Ragnar bisa diambil sumpah,’’ ujar Ketua Umum PSSI Erick Thohir dalam acara penandatanganan kerja sama official insurance partner tim nasional sepak bola Indonesia di Menara Danareksa, Jakarta, kemarin sore.

Apakah Ragnar dan Thom bisa tampil dalam laga kontra Vietnam? Indonesia akan menghadapi The Golden Star Warriors –julukan timnas Vietnam– dua kali. Leg pertama digelar pada 21 Maret di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Lalu, leg kedua dimainkan di My Dinh National Stadium pada 26 Maret.

Erick memastikan keduanya tidak bisa tampil pada leg pertama. Tapi, PSSI mengupayakan agar keduanya bisa turun di Vietnam. ’’Kami coba agar mereka bisa main pada 26 Maret,’’ tegas menteri BUMN tersebut.

Lalu, bagaimana dengan Maarten Paes? Berkas naturalisasi Paes dikerjakan berbarengan dengan Thom dan Ragnar. Namun, kiper Dallas itu tidak diproyeksikan tampil dalam laga Indonesia kontra Vietnam.

’’Untuk Paes, masih kami proses. Karena ada hal yang perlu dibicarakan dengan berbagai pihak. Jadi, Paes (diproyeksikan) masih (untuk) Juni nanti,’’ ungkap mantan presiden klub Inter Milan tersebut.

Saat ini, ada tiga nama yang disiapkan bisa tampil dalam laga kontra Vietnam. Selain Ragnar dan Thom, ada Nathan Tjoe-A-On. Dia sudah resmi menjadi WNI pada 11 Maret lalu.

’’Kalau Nathan, dengan proses yang sudah dijalankan, mudah-mudahan KTP dan paspornya sudah keluar pada 21 Maret mendatang,’’ pungkasnya. (fiq/c17/ali/jpg/rum)

  • Bagikan