Berharap Dilirik Shin Tae-yong

  • Bagikan
Cyrus Margono

UPAAYA Cyrus Margono mendapatkan kembali status warga negara Indonesia (WNI) akhirnya membuahkan hasil. Kiper 22 tahun itu telah menjalani pengambilan sumpah setia kewarganegaraan di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkum HAM) Jakarta kemarin (21/3) pagi.

Tidak seperti pemain keturunan lain, Cyrus bukanlah pemain yang menjalani proses naturalisasi. Dia merupakan anak berkewarganegaraan ganda terbatas yang terlambat memilih status WNI saat menginjak usia 21 tahun.

Cyrus lahir di luar Indonesia, tepatnya di Amerika Serikat. Ibunya diketahui berkebangsaan Iran dan ayah berasal dari Bali, Indonesia. Namun, ketika usia 21 tahun, dia tak melapor sehingga kewarganegaraan Indonesia-nya dianggap batal.

Kiper Panathinaikos B itu kemudian mengajukan permohonan untuk kembali menjadi WNI. ’’Saya pernah dan akan selalu menjadi warga negara Indonesia. Saya sangat senang dan hanya itu yang bisa saya katakan,’’ ucap Cyrus usai menjalani sumpah.

Cyrus mengakui perjuangannya untuk kembali jadi WNI tidak mudah. Tapi, dia pantang menyerah. Apalagi, dirinya mendapatkan bantuan dan dukungan dari Hamdan Hamedan, tenaga ahli Kementerian Pemuda dan Olahraga bidang diaspora. ’’Tapi, pada akhirnya saya ada di sini dan semuanya terlihat bahagia,’’ tuturnya.

’’Tentu karena Ayah saya seorang warga negara Indonesia dan dahulu saya sering ke sini. Sehingga saya hanya ingin mendapatkan kesempatan untuk bermain untuk negara saya,’’ tambah Cyrus ketika ditanya soal alasannya memilih Indonesia.

Kini, Cyrus telah berkomitmen untuk memberikan segalanya untuk Indonesia. Dia pun berjanji akan bekerja keras agar bisa dilirik pelatih Shin Tae-yong dan masuk timnas Indonesia. ’’Saya akan memberikan 100 persen untuk Indonesia, bagaimana pun caranya,’’ tegasnya.

Sejak dikontrak Panathinaikos pada musim 2021–2022, Cyrus telah bermain untuk tim B yang berkompetisi di kasta 2 Yunani. Total 17 pertandingan telah dimainkan, termasuk 8 laga di antaranya pada musim ini. Cyrus pun bertekad untuk lebih baik lagi agar bisa dapat menit bermain lebih banyak dan akhirnya dilirik timnas Indonesia.

Selain itu, Cyrus mengaku sudah pernah berkomunikasi dengan PSSI selaku federasi terkait statusnya dan keinginannya membela timnas Indonesia. ’

’Namun, kita lihat nanti. Saya akan berbicara dengan mereka (PSSI) setelah ini. Saya juga (sudah) berkomunikasi dengan coach Yoo (Jae-hoon, pelatih kiper timnas Indonesia), (terakhir) minggu ini. Tentu saya sangat percaya diri dengan diri saya sendiri,’’ jelasnya. (drw/c17/ali/jpg/rum)

  • Bagikan