Mencari Scaloneta Ke-86

  • Bagikan
NET WALTER BENITEZ. Tampil gemilang bersama PSV Einhoven, Benitez berpeluang memainkan caps pertamanya bersama Timnas Argentina saat berujicoba dengan Kosta Rika dinihari nanti

LOS ANGELES, TIMEX.FAJAR.CO.ID – Lionel Scaloni mampu menyandingkan gelar juara Copa America 2021 dan Piala Dunia 2022 karena keberhasilan membangun skuad solid untuk dua turnamen mayor tersebut. Pemain senior seperti Lionel Messi, Angel Di Maria, Nicolas Otamendi, Rodrigo De Paul, dan Nicolas Tagliafico sukses berdampingan dengan generasi muda seperti Julian Alvarez, Enzo Fernandez, Alexis Mac Allister, Nahuel Molina, dan Cristian Romero.

Menghadapi Copa America 2024 dan menyongsong Piala Dunia 2026, Scaloni sudah menyiapkan kedalaman skuadnya. Winger Manchester United Alejandro Garnacho, bek kiri Brighton & Hove Albion Valentin Barco, dan gelandang serang juga dari Brighton Facundo Buonanotte sudah mewakili wajah segar di lini depan, belakang, dan tengah La Albiceleste –sebutan Argentina– ketika mengalahkan El Salvador 3-0 dalam uji coba internasional di Lincoln Financial Field, Philadelphia, akhir pekan lalu (23/3).

Khusus Barco, pemain 19 tahun itu menjadi Scaloneta ke-85. Scaloneta merupakan sebutan pemain yang mencatatkan caps di La Albiceleste sejak diasuh Scaloni pada 2018. Nah, ada kans munculnya Scaloneta ke-86 ketika Argentina beruji coba dengan Kosta Rika di Los Angeles Memorial Coliseum pagi ini (kickoff pukul 09.45 WIB).

Kiper Walter Benitez merupakan kandidat utama karena Scaloni menyebut ada 5–6 pemain dari starting XI kontra El Salvador yang akan digantikan. Benitez dipanggil Scaloni sejak setahun lalu, tetapi kiper 31 tahun asal PSV Eindhoven itu belum mendapatkan caps pertamanya.

Performa Benitez di level klub musim ini juga luar biasa. Dia turut memberi andil raihan tidak terkalahkan PSV dalam 26 laga Eredivisie musim ini. Perinciannya, 23 kali menang dan 3 kali seri. Gawang PSV pun hanya kebobolan 13 kali.

Selain Benitez, hanya bek Boca Juniors Nicola Valentini dan gelandang serang AC Monza Valentin Carboni yang jadi pesaing Benitez menjadi Scaloneta ke-86. Usia mereka masih muda. Valentini 22 tahun, sedangkan Carboni masih 19 tahun.

”Semua peluang masih terbuka. Kalau ada pemain baru dan bagus untuk kami, berarti dia layak bersama kami,” ucap Scaloni seperti dilansir TyC Sports.

”Aku belum memutuskan apakah Walter (Benitez) akan bermain sebagai starter atau pengganti, tetapi aku memang ingin memberinya kesempatan,” sambung pelatih berusia 45 tahun itu.
Surat kabar Ole melaporkan, selain Benitez, Scaloni ingin memberikan kesempatan starter kali pertama kepada Garnacho. Dalam empat caps yang sudah diraih Garnacho, semua memang berstatus pengganti. ”Aku ingin memanfaatkan kesempatan ini untuk bisa berada di sana (Copa America tahun ini, Red),” harap Garna, sapaan akrab Garnacho.

Terpisah, pelatih Kosta Rika Gustavo Alfaro melihat kekuatan Argentina tetap kuat meski tidak diperkuat Lionel Messi. La Pulga –julukan Messi– absen karena cedera.

”Kami menghormati tim ini sebagai juara dunia, tetapi bukan berarti kami takut dengan mereka,” tegas Alfaro. (ren/c19/dns/jpg/rum)


PERKIRAAN PEMAIN

Argentina (4-3-3):
12-Benitez (g); 4-Molina, 19-Otamendi, 6-Pezzella, 3-Tagliafico; 8-Enzo, 20-Mac Allister, 16-Lo Celso; 11-Di Maria (c), 9-Julian Alvarez, 17-Garnacho
Pelatih: Lionel Scaloni

Kosta Rika (5-4-1):
1-Navas (g) (c); 2-Taylor, 6-Cascante, 3-Arboine, 15-Calvo, 24-Mora; 14-Galo, 13-Brenes, 17-Madrigal, 7-Contreras; 9-Ugalde
Pelatih: Gustavo Alfaro

Asian Handicap 0:1

  • Bagikan